Tumor Ganas (Malignant)

Tumor Ganas (Malignant)

Tumor ganas atau malignant tumor adalah tumor yang berwujud kanker yang bisa muncul di jaringan lunak yang menghubungkan seluruh susunan tubuh, seperti otot dan tendon, pembuluh darah, dan pembuluh getah bening. Sel-sel tumor ganas ini bisa tumbuh dan menyebar ke anggota tubuh lainnya. Jika sel ini tetap tumbuh dan menyebar akan sebabkan gangguan terhadap organ lainnya.

Tumor ganas atau malignant tumor bisa tumbuh bersama cepat dan menyebar ke anggota tubuh lain di dalam proses yang disebut metastasis. Berbagai style tumor ganas berasal dari beragam style sel, meliputi: Penyebab Gejala Diagnosis dan Pengobatan Kanker Laring

Karsinoma: style kanker ini terbentuk dari sel epitel, yang berada di kulit dan jaringan yang menutupi atau melapisi organ tubuh. Karsinoma bisa berjalan di lambung, pankreas, paru-paru, prostat, hati, usus besar, atau payudara. Mereka adalah style tumor ganas atau malignant tumor yang paling umum ditemuka Yuk Kenali 8 Gejala Kanker Kulit yang Paling Sering Muncul .

Sarkoma: style kanker ini diawali di jaringan ikat, seperti tulang rawan, tulang, lemak dan saraf. Mereka berasal dari sel-sel di luar sumsum tulang yang umumnya berwujud ganas.

Tumor sel germinal: style kanker ini berkembang di sel yang membuahkan sperma dan sel telur. Tumor sel germinal bisa berjalan di ovarium atau testis, tetapi juga tidak jarang muncul di otak, perut, atau dada.

Blastoma: style kanker ini terbentuk dari jaringan embrio atau sel yang tengah berkembang. Tumor ganas style blastoma jauh lebih kerap berjalan terhadap anak-anak daripada terhadap orang dewasa. Jenis tumor ini bisa sebabkan tumor terhadap otak, mata, atau proses saraf.

Baca juga: Apakah Penyakit Tumor Berbahaya? Tempat Pengobatan Kanker Tangerang

Gejala Tuor Ganas 

Awal mula terjadinya tumor diawali adalah benjolan tanpa rasa sakit yang tumbuh seiring waktu. Tumor ini bisa tumbuh menjadi lumayan besar sebelum saat menjadi menyakitkan. Tergantung terhadap lokasinya, tumor bisa tumbuh di di dalam rongga usus atau organ di dalam lainnya, dan tidak mengakibatkan tanda-tanda sampai 

Penyebab Tumor Ganas atau Malignant Tumor Tempat Terapi Kanker Depok

Berikut ini adalah penyebab utama tumor ganas atau malignant tumor, yaitu:

Paparan bahan kimia atau senyawa beracun 

Benzena, asbes, nikel, kadmium, vinil klorida, benzidin, N-nitrosamin, tembakau atau asap rokok (mengandung setidaknya 66 bahan kimia dan racun karsinogenik yang diketahui), asbes dan aflatoksin bisa menjadi penyebab utama terjadinya tumor.

Radiasi

Penyebab lain terjadinya tumor juga bisa diakibatkan oleh radiasi seperti uranium, radon, cahaya ultraviolet dari cahaya matahari, radiasi dari sumber pemancar alfa, beta, gamma, dan sinar-X.

Patogen

Selain itu, penyebab tumor juga bisa disebabkan oleh virus atau bakteri patogen, seperti:

Human papillomavirus (HPV)

Virus EBV atau Epstein-Barr

Virus hepatitis B dan C

Kaposi's sarcoma-associated herpesvirus (KSHV)

Bakteri Helicobacter pylori

Genetik

Sejumlah pasien bersama tumor ganas juga udah dikaitkan bersama segi genetik meliputi payudara, ovarium, kolorektal, prostat, kulit, melanoma, dan gen spesifik lainnya. Pemilik gen berikut memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker.

Baca juga: Periksa Kanker Payudara bersama Melakukan SADARI

Pengobatan Tumor Ganas 

Pilihan pengobatan terhadap tumor ganas atau malignant tumor ini bisa ditentukan sementara diagnosis. Setiap style tumor, lokasi tumor dan tingkat stadium memiliki pengobatan yang berbeda. Pilihan pengobatan tumor ganas ini berkisar dari pengobatan medis sampai pengobatan bedah.

Pengobatan Medis

Kemoterapi

Radiasi

Terapi yang ditargetkan

Pengobatan Bedah

Bagi pasien bersama tumor ganas jaringan lunak dilakukan pengobatan bersama pembedahan untuk meminimalkan risiko tumor akan kembali atau menyebar. Dokter bedah menghendaki mengangkat tumor berikut bersama mempunyai tujuan tanpa meninggalkan sel kanker apa pun sambil meninggalkan sebanyak bisa saja jaringan sehat di tempatnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Alami untuk Membasmi Rayap pada Lantai Kayu, Mudah dan Aman!

Nih! Lima Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 sehingga Tidak Lambat